Cara Mengikuti Webinar Prakerja Agar Intensif Cair

Gimana sih cara mengikuti webinar prakerja? Jangan khawatir, webinar itu mudah dan menyenangkan kok

Seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya yang menyatakan bahwa webinar menjadi salah satu syarat agar sertifikat muncul di dashbooard prakerja yang mana peraturan ini dimulai pada gelombang ke4 dan seterusnya.

Meskipun banyak dikeluhkan oleh para peserta kartu prakerja yang baru saja lolos, namun kenyataanya webinar ini tetap di jalankan demi insentif dari pemerintah. banyak yang protes mengenai aturan baru di gelombang ke4 ini bahkan ada yang mengatakan webinar itu ribet.

Ada pula yang merasa bahwa peserta yang lolos gelombang keempat ini di anak tirikan karena peraturan yang agak ketat dari sebelumnya dan juga ada beberapa masalah lain seperti sertifikat prakerja tidak muncul di dashboard.

webinar prakerja
Namun seharusnya kita ikuti saja peraturan pemerintah ini, toh ini semua demi kebaikan kita bersama. termasuk mengikuti webinar ini. dan sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan webinar di prakerja ini dan bagaimanakah cara mengikutinya?

Dari tadi saya ngoceh ngalor ngidul, namun belum memberikan penjelasan dan tata cara mengikuti webinar prakerja ya? eits, sebelum kamu membaca artikel ini saya sarankan agar membaca secara keseluruhan biar tidak gagal faham.

1. Pengertian Webinar

Webinar merupakan sebuah kegiatan atau seminar yang dilakukan secara daring atau online. Pada umumnya Tujuan utama dari webinar adalah memberikan informasi dari pemateri atau pembicara kepada pendengar dengan perbedaan jarak yang jauh. biasanya kegiatan ini dilakukan menggunakan aplikasi tertentu, salah satu contohnya adalah menggunakan aplikasi zoom.

Jadi webinar ini bisa juga diartikan sebagai seminar yang dilakukakan secara online. lalu bagaimana cara mengikuti webinar prakerja. berikut penjelasan selengkapnya.

2. Cara Mengikuti Webinar Prakerja

Pada pembahasan kali ini saya hanya mencontohkan mengenai webinar yang dilakukan dengan aplikasi zoom saja karena memang kebanyakan webinar di prakerja ini dilakukan menggunakan zoom dan kebetulan ketika mengikuti webinar ini saya menggunakan zoom sesuai dengan persyaratan lembaga pelatihan di bitlabs (yang saya ikuti)

Dan juga ketika kita melihat persyaratan webinar pada pelatihan di skill academy pun juga menggunakan aplikasi zoom. berikut tahap untuk mengikuti webinarnya. Namun sebelum membaca langkah-langkah di bawah ini sebaiknya kamu sudah memiliki aplikasi zoom terlebih dahulu yang bisa di download di playstore, appstore, di web resminya juga ada untuk PC :

  1. Ikuti Pelatihan Prakerja dari awal hingga lulus
  2. Setelah itu Kamu akan di berikan link mengisi form webinar (kalau tidak ada cek email)
  3. Isi Formnya dan pastikan email sama dengan email untuk prakerja
  4. kirim dan tunggu link untuk mengikuti webinar (biasanya melalui email)
  5.  jika sudah mendapatkan email seperti ini klik tulisan "klik disini"ikut webinar
  6. Ikuti langkahnya, kemudian jika sudah berhasil tunggu dan cek email.
  7. Jika ada balasan seperti dibawah ini klik "Click Here to Join"join zoom
  8. Maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke aplikasi zoom
  9. Kemudian untuk Nama diisi dengan Nama Kamu sendiri yang terdaftar di prakerja, email juga harus sama dengan yang buat daftar prakerja
  10. Ikuti Webinarnya, Tulis chat atau pertanyaan.


Kurang lebih seperti itulah tata cara mengikuti webinar prakerja. jika ada beberapa penjelasan yang agak berbeda harap dimaklumi. oke selanjutnya saya akan membahas berbagai pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran kalian semua

Kapan Jadwal Webinar Prakerja?

Webinar prakerja biasanya di laksanakan setelah kamu menyelesaikan pelatihan. dan untuk jadwalnya ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan latihan. silahkan cek email berkala atau hubungi cs lembaga yang kamuikuti

Webinar Prakerja ngapain Aja sih?

Mungkin bagi kamu yang baru lolos dan akan mengikuti webinar kebingungan dan bertanya hal apa saja yang dilakukan ketika webinar, dan disini saya akan menjawabnya dengan pengalaman saya mengikuti dua kali webinar (saldo 1 juta saya buat 2 kali pelatihan lah hehe)

dalam mengikuti webinar kamu akan mendapatkan tambahan penjelasan materi dari pelatihan yang kamu ikuti. misal saya mengikuti tentang "cara menghasilkan uang dari website" maka saya akan mendapatkan ilmu tambahan seputar topik tersebut

Dan yang menyenangkan lagi kamu bisa bertanya ke pemateri mengenai hal yang belum kamu ketahui tentang materi pelatihan yang kamu ikuti

Ketinggalan Webinar Gimana?

Hal ini memang belum saya alami, namun saya menyarankan jika kamu ketinggalan webinar segera hubungi lembaga pelatihan yang kamu ikuti baik itu skill academy, pintaria, bitlabs dan lainnya.

kamu bisa menghubungi melalui Customer Service mereka dan tanyakan baik-baik tentang keluhan yang kamu alami.


Sebenarnya jika kita melihat artikel diatas maka untuk mengikuti webinar itu sangat mudah, bahkan kamu bisa menambah skill dengan sesi tanya jawab melalui webinar ini. jadi jangan malas ya untuk ikut

Related Posts