Prakerja# Sudah Mengikuti Pelatihan dan Webinar Tapi Sertifikat Belum Muncul di Dashboard? Begini Tips Mengatasinya

Beberapa Minggu yang lalu terhitung sejak tulisan ini dibuat gelombang ke-4 pelatihan prakerja kembali dibuka dan mengumumkan ratusan ribu peserta yang lolos untuk mendapatkan pelatihan dari program kartu prakerja.

Digelombang 4 keatas ini rasanya untuk mendapatkan sertifikat hingga insentif agak rumit karena harus mengikuti webinar, namun pada kenyataanya kesulitan itu tidak hanya pada masalah webinar namun salah satunya adalah sertifikat yang tidak muncul di dashboard prakerja. belum lagi masalah upgrade akun OVO yang Lama hingga jadi suatu permasalahan yang cukup ruwet.

Jika sertifikat tidak muncul di dashboard maka itu berarti insentif tidak akan cair sehingga banyak sekali para pengguna kartu prakerja yang mulai resah dengan masalah tidak munculnya sertifikat di dashboard tersebut.

Sertifikat Belum Muncul di Dashboard

Saya sendiripun waktu itu setelah selesai mengikuti pelatihan kemudian ujian hingga webinarpun sertifikat tak kunjung muncul di dashboard dan saya agak resah. namun setelah beberapa hari akhirnya sertifikat muncul.

Nah disini saya akan membagikan sedikit tips yang saya lakukan hingga sertifikat pelatihan muncul di dashboard prakerja. tips ini juga cocok bagi yang belum mengikuti pelatihan agar peluang keberhasilan lebih tinggi untuk munculnya sertifikat didashboard prakerja.

# Beberapa Poin Yang Harus Dibaca Bagi yang Sudah Mengikuti Pelatihan dan Webinar Tapi Sertifikat Belum Muncul

1. Hubungi Platform Mitra Pelatihan

Kita ketahui bahwa prakerja sendiri bekerjasama dengan beberapa mitra platform pelatihan digital seperti Skill Academy, Bitlabs dan masih banyak lagi.

Nah bagi kamu yang belum muncul sertifikatnya di dashboard prakerja sebaiknya tunggu 7x24 jam dulu, jika lebih dari itu maka hubungi admin pelatihan biasanya tersedia info email cs atau bahkan nomor wa.

Coba kamu tanyakan apakah sertifikat atas nama kamu sudah diproses dan dikirimkan ke prakerja atau masih ada kendala. jika masih ada kendala segera konsultasikan. 

Namun jika ternyata pihak mitra pelatihan telah mengirimkan data ke prakerja akan tetapi belum muncul juga sertifikatnya, berarti pihak prakerja yang harus kamu hubungi.

2. Cek Email Apakah Sama

Setelah saya mengikuti pelatihan, Ujian Hingga Webinar selesai dan akhirnya hanya beberapa hari saja langsung sertifikat di dashboard prakerja muncul ada beberapa hal yang saya lakukan.

Hal tersebut salah satunya adalah menggunakan email yang sama. maksudnya begini : saya mendaftar kartu prakerja, mendaftar mitra pelatihan dan ikut webinar hanya dengan satu email saja (email sama).

Jadi saya sarankan bagi yang belum mengikuti pelatihan prakerja untuk menggunakan email yang sama dengan prakerja ketika mendaftar pelatihan dan mengikuti webinar.

ini penting dilakukan supaya pihak mitra pelatihan lebih mudah memverifikasi apakah "pengguna ini dengan email ini" sudah menyelesaikan pelatihan dan mengikuti webinar atau belum.

Jika kamu sudah terlanjur maka ada baiknya langsung hubungi mitra pelatihan melalui CS.

Nah, itulah poin penting yang harus diperhatikan bagi para pengguna kartu prakerja agar sertifikatnya muncul didashboard prakerja. cara ini saya tidak menjamin 100% berhasil, namun dengan cara diatas saya telah sukses mempraktekkanya.

Related Posts