Tips Memilih Pelatihan Prakerja Biar Skill Bertambah dan Dapat Insentif Lebih Cepat Cocok Bagi Pemula

Setelah beberapa bulan kartu prakerja tidak membuka seleksi gelombang ke empat karena beberapa hal yang terjadi, akhirnya gelombang ke-4 dibuka beberapa bulan yang lalu dan ada beberapa perubahan sehingga bagi pemula ada baiknya untuk mengikuti tips memilih pelatihan prakerja yang saya rangkum sesuai pengetahuan saya sendiri.

Saya sendiri sebenarnya baru di gelombang ke-4 ini dinyatakan lolos dan mendapatkan hak untuk mengikuti pelatihan prakerja, nah bagi anda saya akan memberitahukan berbagai tips agar nantinya pelatihan tersebut menambah skill dan wawasan.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja


Terlebih lagi pasti insentif prakerja juga sangat dibutuhkan guna menambah semangat mengikuti pelatihan yang telah disediakan oleh beberapa platform digital yang mana pelatihan di prakerja sekarang ini lebih difokuskan untuk dilaksanakan secara daring karena efek Covid-19.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Ada beberapa hal yang perlu di lakukan dan di ketahui bagi pemula sebelum membeli pelatihan di prakerja. apasajakah tips tersebut, berikut tips dari saya yang saya rangkum dengan sederhana :


1. Pilih Pelatihan yang Sesuai Dengan Bakatmu Atau Passion

Bisa dibilang hal yang pertama harus kamu pikirkan ketika ingin memilih pelatihan apa yang cocok adalah menyesuaikan dengan bakat atau passionmu. karena hal ini akan lebih efektif guna meningkatkan skill pengetahuan dan juga akan lebih mudah ketika menjalankan test atau  ujian setelah pelatihan nanti.

Sebagai contoh, hobi saya adalah blogging jadi saya lebih memilih pelatihan prakerja yang ada kaitanya dengan blogging, misalnya teknik SEO, membuat website dll. nah ketika itu saya sendiri memilih pelatihan "Raih Penghasilan Jutaan Rupiah Hanya Modal Website". dan disana tentu ada banyak materi yang berhubungan dengan Blogging.

2. Lihat Dulu Ulasan Sebelum Membeli Pelatihan

Banyak sekali platform digital yang bekerja sama dengan prakerja. bagi orang yang masih awam saya sarankan untuk melihat dulu ulasan yang didapat lembaga pelatihan khususnya jenis pelatihanya.

Hal ini dikarenakan agar kamu mengetahui reputasi dari lembaga pelatihan tersebut, apakah pelatihanya bagus dan jelas, apakah adminya mudah di hubungi dan lain sebagainya.Karena jika adminya mudah dan cepat responya ketika dihubungi maka hal ini akan lebih mudah untuk mengatasi masalah seperti salah satunya sertifikat tidak muncul di dashboard prakerja. intinya melihat ulasan sebelum membeli pelatihan itu cukup penting. 

3. Cek Detail Pelatihanya

Hal yang selanjutnya harus diperhatikan adalah cek detail pelatihanya. dan yang saya maksud dari detail pelatihan adalah mengenai biaya pelatihan (harga pelatihan) kemudian mekanisme pelatihannya.

Kamu perlu tahu mekanisme pelatihanya agar bisa mempersiapkannya dari awal. misalnya jika ingin membeli pelatihan berbasis online yang dilaksanakan dengan streaming video maka yang harus kamu persiapkan adalah kuota internet yang cukup banyak. lebih bagus lagi yang unlimited.

Nah Itulah beberapa tips yang saya bagikan kepada kamu yang masih bingung ketika ingin memilih pelatihan di prakerja. semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter