6 Tahap untuk Mendapatkan Insentif Prakerja yang Perlu Kamu Ketahui

Selain untuk menambah skill, Prakerja yang menjadi program Pemeritah ini juga memberikan insentif sehingga menurut saya ini akan menjadi nilai plus dan menambah semangat untuk bergabung di prakerja.

Ada beberapa tahapan untuk mendapatkan insentif prakerja yang mana jumlahnya 600.000 selama 4 bulan yang artinya 600.000 x 4 = 2.400.000 ditambah survey 3 kali yang setiap survey nya akan di berikan uang sebesar 50.000.

Namun Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa tahapan yang tidak saya sebutkan sehingga bisa dikatakan bahwa tahapan yang saya maksud disini dimulai ketika kamu sudah dinyatakan lolos seleksi prakerja.

Mendapatkan Insentif Prakerja


Dan berikut ini merupakan tahapan yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan insentif prakerja. namun sebelum tahapan ini dimulai untuk kita bahas pastikan kamu sudah mendaftar prakerja, lolos seleksi gelombang, memilih dan menyambungkan rekening dengan prakerja. entah itu Pilih BNI, OVO, Linkaja atau Gopay.

Jika sudah lolos maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan ada enam poin menurut saya, dan sebenarnya poin ini mungkin saja bisa diringkas oleh pendapat orang lain. atau sebaliknya malah dijabarkan lebih banyak lagi

6 Tahapan Setelah Lolos Seleksi Prakerja

6 Tahapan ini sebenarnya hanya bisa dilakukan ketika kamu sudah dinyatakan lolos seleksi ya, jadi yang belum lolos harap bersabar menanti gelombang selanjutnya. berikut 6 poin pentingnya :

1. Memilih dan Membeli Pelatihan

Hal yang pertama harus kamu lakukan ketika sudah dinyatakan lolos seleksi gelombang diprakerja adalah memilih dan membeli pelatihan. jika kamu masih bingung baca tips memilih pelatihan prakerja.

Nah di tahap membeli pelatihan kamu bisa menggunakan nomor kartu prakerja jika sudah muncul di dashboard. disana biasanya ada saldo sebesar 1 juta. saldo ini tidak bisa di cairkan dan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan di platform yang bekerjasama dengan prakerja.

2. Mengikuti dan Menyelesaikan Pelatihan

Tahap berikutnya jika pelatihan yang  kamu inginkan sudah berhasil dibeli, maka kamu perlu mengikuti pelatihan yang memungkinkan kamu mendapatkan skill baru dalam berbisnis atau berwirausaha.

Dan di pelatihan ini kamu harus menyelesaikanya agar bisa mengikuti ujian yang disediakan oleh mitra pelatihan prakerja. ditahap pelatihan ini kamu harus  bersungguh-sungguh menyimak materinya agar nanti tidak kesulitan ketika mengikuti tes atau ujian.

3. Ujian atau Tes Pelatihan Hingga Lulus

Jika kamu sudah mengikuti pelatihan dan menyelesaikanya maka tahap selanjutnya adalah mengikuti tes kelulusan yang disediakan oleh pihak yang terkait.

Biasannya syarat kelulusan atau nilai minimal pada pelatihan tertentu adalah 6 dan tentu ini bisa saja berbeda-beda. jadi kamu harus bersungguh-sungguh mengikuti pelatihanya agar ujian dan tes pelatihanya bisa lulus.

4. Beri Ulasan Kepada Lembaga Pelatihan yang kamu pilih

beri ulasan

Pada tahap memberikan ulasan ini biasanya kamu disediakan kolom untuk mengomentari tentang pelatihan yang sudah kamu lalui dan disana kamu juga disuruh untuk memberikan rating atau bintang.

Tulis saja unek-unek kamu disini, apakah lembaga pelatihan yang kamu ikuti bermanfaat dan menambah skill yang cukup baik atau pelayanan kurang sreg atau apa sajalah unek-unek kamu keluarkan saja. yang jelas jika kamu mengeluarkan kritikan harus disertai saran yang membangun.

5. Ikuti Webinar

Pada pelatihan prakerja gelombang 4 keatas ini entah mengapa webinar menggunakan aplikasi zoom menjadi sebuah keharusan. pada awalnya sih banyak yang protes mengapa harus ada webinar yang ribet.

Namun pada kenyataanya saya sendiri mengikuti webinar dengan nyaman dan enak karena disana ternyata hanya pembahasan materi yang telah kita pelajari dan beberapa tanya jawab. jadi di sesi webinar ini kamu gak usah bingung.

6. Dapat Sertifikat dan Tunggu Insentif

Sebenarnya sertifikat itu kita dapatkan setelah menyelesaikan pelatihan dan mengisi ulasan. namun untuk gelombang 4 keatas ini sertifikat akan muncul di dashboard parakerja setelah kita mengikuti webinar melalui zoom.

Jadi meskipun sertifikat pelatihan sudah kita dapatkan, namun sertifikat tersebut bisa saja tidak muncul di dashboard ketika kita belum mengikuti webinar. padahal syarat dapat insentif yang paling penting adalah ketika sertifikat sudah muncul di dashboard. jika sertifikat tidak muncul di dashboard maka insentif kita tidak akan diproses.

Dan jika sertifikat kita sudah muncul di dashboard biasanya insentif akan segera diproses oleh team prakerja. dan kita tinggal nunggu tanggalnya saja.

Dari keenam Tahapan diatas tentu kamu harus melewatinya agar insentif prakerja kamu bisa mendarat dengan selamat. semoga bermanfaat.

Related Posts