Penjelasan Maksud Pembilang dan Penyebut dalam Pecahan, Simak sekarang!

Post a Comment
Pada materi pecahan yang kamu pelajari di Sekolah Dasar (sederajat) mungkin kamu sering mendengar istilah pembilang dan penyebut

Pembilang dan penyebut merupakan hal yang harus dimengerti ketika hendak belajar mengenai pecahan karena memang sangat penting. 

bahkan mungkin saja guru kamu akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu pembilang atau penyebut sebelum masuk materi pecahan dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dst. 

mengetahui mana penyebut dan mana pembilang juga bisa digunakan untuk menentukan pecahan senilai atau tidak

oke, untuk kali ini saya akan membahas materi mengenai yang dimaksud pembilang dan penyebut dalam suatu pecahan, mari kita ulas. lihat gambar dibawah ini
perbedaan pembilang dan penyebut
Dari gambar diatas kita bisa menyimpulkan bahwa letak pembilang itu yang berada diatas dan penyebut adalah yang dibawah. sudah mulai ada gambaran?

Namun terkadang di internet kamu melihat letak tanda per ( / ) agak berbeda, misalnya 1/2. kamu jangan bingung, karena pembilangnya adalah 1 dan penyebutnya adalah 2

Pembilang

Pembilang adalah angka yang akan dibagi oleh penyebut. pembilang letaknya ada di atas tanda per dalam suatu pecahan.

Biasanya semakin besar pembilang maka akan semakin besar pula nilai dari suatu bilangan tersebut. namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh penyebut.

Misal, angka 4/8 nilainya lebih besar dibandingkan dengan 3/8. namun 1/4 nilanya sama dengan 2/8. untuk mengetahui nilai suatu bilangan pecahan kamu bisa mempelajari mengenai pecahan senilai.

Penyebut

Penyebut merupakan kebalikan dari pembilang, yaitu merupakan angka yang menjadi pembagi dari pembilang. penyebut letaknya berada di bawah tanda per dalam pecahan.

semakin besar penyebut, maka nilai dari suatu bilangan akan semakin kecil. dan tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh pembilangnya

contohnya adalah nilah 1/2 lebih besar daripada 1/4

Contoh Gambar

ilustrasi
Dari gambar diatas terdapat 4 buah kotak dan 1 kotak di arsir. maka 4 kotak atau keseluruhan kotak merupakan penyebut sedangkan 1 kotak yang berbeda diatas merupakan pembilang.  
Jadi dari gambar diatas kita menyimpulkan nilai dalam pecahannya adalah 1/4. 

Kesimpulan Mengenai Pembilang dan Penyebut

Pembilang dan penyebut adalah dua komponen utama dalam sebuah pecahan, yang digunakan untuk menyatakan bilangan pecahan. Pecahan adalah bilangan yang terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang dan penyebut, dipisahkan oleh garis pecahan (/) seperti a/b.
1. Pembilang (Numerator):
Pembilang adalah bagian atas dari pecahan dan mewakili jumlah bagian yang ingin diwakili oleh pecahan tersebut. Ini menunjukkan berapa banyak bagian yang dimaksudkan dari keseluruhan. Jumlah ini dapat berupa bilangan bulat atau pecahan sendiri.
Contoh: Dalam pecahan 3/5, angka 3 adalah pembilang. Ini berarti ada 3 bagian dari 5 bagian yang utuh.
2. Penyebut (Denominator):
Penyebut adalah bagian bawah dari pecahan dan menunjukkan total bagian yang dibagi oleh pecahan tersebut. Ini menunjukkan seberapa besar setiap bagian dalam pecahan tersebut.
Contoh: Dalam pecahan 3/5, angka 5 adalah penyebut. Ini berarti keseluruhan dibagi menjadi 5 bagian yang sama besar.
Jadi, pembilang dan penyebut bekerja bersama-sama untuk menyatakan bagian dari keseluruhan. Pecahan 3/5, misalnya, mengatakan bahwa ada 3 bagian dari keseluruhan yang dibagi menjadi 5 bagian yang sama besar. Pecahan dapat digunakan untuk mewakili pecahan sebagian, rasio, persentase, dan banyak lagi dalam berbagai konteks matematika dan kehidupan sehari-hari.

Gimana, sudah bisa membedakan mana yang pembilang dan mana yang penyebut, coba kerjakan contoh soal dibawah ini?

1. Tentukan penyebut dan pembilangnya dari pecahan dibawah ini!
a. 4/5
b. 7/8
c. 9/10
d. 11/18
e. 20/25

Silahkan dicoba

Related Posts

Post a Comment