Cara Mengatasi Eror Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered on Network)

Bagaimana cara mengatasi masalah Eror Tidak Terdaftar di Jaringan (Not Registered on Network) pada hp samsung? terutama samsung galaxy j2 prime.

Eror tidak terdaftar di jaringan bisa terjadi untuk hp samsung jenis apa saja, namun setelah saya lakukan pencarian dan riset keyword maka yang paling banyak mengalami adalah samsung j2 prime.

Eror Not Registered on Network semacam ini bisa saja terjadi untuk pengguna kartu perdana apapun baik telkomsel, xl, indosat, smartfren, axis dan three.
Eror Tidak Terdaftar di Jaringan
Source image : Facebook.com
Eror tidak terdaftar di jaringan tetap muncul Meskipun sinyal  penuh dan Imei pun juga masih lengkap, sehingga ini sangat membingungkan user samsung.

Sebelum mencoba mengatasi masalah seperti yang saya sebutkan di atas ada baiknya jika sobat cek imei terlebih dahulu sebelum ke tahap selanjutnya dengan menekan *#06# jika ternyata imei masih tersedia maka ikuti tahapan mengatasi eror tidak terdaftar di jaringan berikut ini :

Penyebab Kartu SIM Tidak Terdaftar Di Jaringan

Hal-hal yang menyebabkan kartu sim tidak terdaftar dijaringan bermacam-macam, namun beberapa analisa saya sendiri setelah membaca di berbagai sumber ada beberapa poin penting.

Poin ini kemungkinan yang menyebabkan eror not registered on network pada beberapa hp ketika melakukan panggilan ussd, berikut ulasannya!

Bug Pada System

eror kecil pada android atau yang kita kenal dengan bug pada system merupakan eror yang menyebabkan program tidak bekerja dengan semestinya

Hal tersebut bisa saja terjadi dan menyebabkan permasalahan eror terhadap jaringan

Jaringan Bermasalah

Jaringan yang bermasalah juga bisa menyebabkan masalah not registered on network semacam ini. 
jadi penyebabnya sangat mungkin kalau dari gangguan teknis jaringan yang sedang kamu pakai

Kerusakan Hardware

Jika Kartu Perdana dan System dalam kondisi yang tidak eror alias baik-baik saja namun tetap mendapatkan masalah ini kemungkinan besar kerusakan terjadi pada hardware

Kerusakan pada hardware tentu akan mengakibatkan beberapa proses kinerja smartphone tidak maksimal sepereti seharusnya

Cara Mengatasi Eror Tidak Terdaftar di Jaringan

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya dari beberapa penyebab diatas kita bisa melihat gambaran secara umum bahwa secara garis besar yang menyebabkan eror ini adalah karena masalah pada HP dan Jaringan

Semua jaringan Baik menggunakan Kartu Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Tri dan Smartfren. Maka dari itu disini saya akan membagikan sedikit solusi dari masalah tersebut

1. Mode Pesawat dan Restart

Jika kemungkinan penyebab eror tidak terdaftar di jaringan ini sesuatu hal yang ringan, mungkin tahap awal ini bisa di praktekkan yaitu dengan masuk ke mode pesawat dulu.

caranya sobat pilih mode pesawat (air plane mode) biasanya gambar pesawat setelah masuk ke airplane mode beberapa menit (saya sarankan 2 menit saja) kemudian non aktifkan lagi airplane modenya. setelah itu coba cek pulsa, dan jika ternyata masih muncul eror cobalah untuk merestart atau memuat ulang hp sobat.

Untuk merestart atau Reboot caranya hanya tekan tombol power kemudian pilih reboot atau muat ulang. Cara ini berfungsi untuk merefresh jaringan sehingga bisa saja tips ini berhasil, namun jika gagal coba ikuti tips selanjutnya


2. Mengatur Jaringan

Karena eror seperti ini biasanya di sebabkan oleh jaringan jadi mungkin saja bisa di atasi dengan mengatur jaringanya. untuk mengatur jaringan cara pertama adalah dengan mengubah ke mode manual. caranya masuk pengaturan >> Pengaturan kartu sim >> pilh kartu sim yang ingin kamu ubah jaringanya >> Pilih Jaringan seluler >> atur ke manual >> sesuaikan dengan operator yang sobat gunakan.

mengatur jaringan yang selanjutnya adalah dengan mengubah ke WCDMA Preferred. biasanya pengguna android mengunci jaringanya ke 4 LTE only untuk menstabilkan jaringan.

untuk keluar dari mode 4G LTE only masuklah ke menu pengaturan dan cari jaringan. pilih yang WCDMA/GSM sobat bisa mencarinya sendiri karena setiap hp berbeda menunya.

3. Pindah Slot SIM

Jika HP kamu menggunakan 2 slot sim, maka tak ada salahnya jika mencoba untuk memindahkan sim ke slot lainnya. misalnya kamu menempatkan kartu Telkomsel pada sim 2 dan mengalami eror tidak terdaftar di jaringan maka cobalah ganti kartu tersebut ke slot 1

Tutorial ini saya peroleh dari youtube berikut ini namun saya sendiri belum mencoba secara langsung tips tersebut

4. Coba Hard Reset HP

Jika kedua cara di atas gagal cobalah lakukan hard reset pada ponsel android sobat. ya! memang cara ini merupakan tahapan yang sangat krusial karena mereset hp itu mengembalikan ke pengaturan pabrik sehingga akan terlihat seperti baru.

Namun kelemahan cara ini adalah data foto, aplikasi, whatassap dan lain sebagainya akan hilang. saran saya sebelum melakukan hard reset pastikan kamu telah membackup semua datanya.

Untuk cara hard reset sangatlah mudah. sobat tinggal masuk ke pengaturan kemudian cari cadangkan dan kembalikan ke pengaturan pabrik. 

setelah itu ikuti langkah selanjutnya. (cara setiap hp agak beda tapi inyinya sama)

5. Flashing

Cara keempat ini sebenarnya sangat ribet menurut saya. karena flashing membutuhkan beberapa peralatan seperti komputer, software flashing dan juga rom hp yang di maksud.

disini saya tidak akan membahas flashing terlalu jauh karena memang untuk flashing ini di perlukan beberapa tutorial yang sangat detail dan setiap hp berbeda-beda.

namun jika sobat teap ingin melakukan flashing coba di google untuk mengetikkan kata kunci dengan awalan "cara flash hp ...." misal, ketikkan "cara flash hp samsung j2 prime" kemudian ikuti setiap langkah tutorialnya dengan seksama dan perlahan.

6. Kerusakan Pada Hardware : Servis

Cara ini merupakan langkah yang paling terakhir yaitu masalah yang di sebabkan oleh hardware atau mesin sehingga perlu membongkar hp. 

cara ini harus di lakukan oleh ahlinya karena tidak sembarang orang langsung bisa mempraktekkanya

Jika kamu tidak bisa memperbaikinya silahkan bawa ke tempat servis hp di kotamu agar mendapatkan penangananya.

Nah itulah tips mengatasi eror tidak terdaftar di jaringan kalau dalam bahasa inggrisnya eror not registered on network yang biasanya terjadi pada hp samsung. semoga bermanfaat.

Related Posts

3 comments

Post a Comment