1 Tera Berapa Giga? Begini Cara Konversinya

1 TeraByte itu sebenarnya Berapa GigaByte sih? ukuran penyimpanan segitu bisa buat apa aja? eits sebelum saya jawab secara langsung mari kita ulas beberapa poin berikut

TB merupakan singkatan dari Terabyte sedangkan GB adalah GigaByte yang mana kedua satuan ini digunakan untuk mengukur besaran penyimpanan atau storage seperti Hardisk, SSD, Flashdisk dan sejenisnya.

Jika kamu membeli hardisk pasti akan ada keterangan informasi ukurannya seperti 500GB, 1TB, 2TB dan masih banyak lagi. nah itulah satuan penyimpanan data yang sering kita dengar.
1 tera berapa giga
Meskipun demikian kata-kata GB ini juga sering terdengar bagi kamu yang membeli paket internet tertentu dengan tulisan GB di belakangnya. contoh paket internet 1 GB harga 10.000.

Sudah ada gambaran kan mengenai judul yang saya maksud diatas? jika belum lanjut saja baca nya maka nanti kamu bakal tahu sendiri kalau baca secara teliti hehe

TeraByte ke GigaByte

Jika kamu bertanya “1TB berapa GB sih?” maka jawabannya 1TeraByte sama dengan 1024 GigaByte. yang artinya Tera lebih besar jika di bandingkan dengan Giga apalagi Mega.

Hal tersebut karena sesuai sumber informasi yang saya dapat di berbagai situs internet bahwa untuk mengkonversi satuan Byte ke yang lebih rendah maka dikalikan 1024 sedangkan jika naik maka di bagi 1024.

Menghitung Tera ke Giga

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya untuk menghitung tera ke giga kamu bisa mengkalikannya dengan angka 1024. Misalnya kamu ingin menghitung 10TB agar menjadi GB maka 10x1024 maka hasilnya akan menjadi 10240GB

jika misalnya kita hitung lagi 2TB berapa GB maka hasilnya adalah 2x1024 = 2048GB. dan tentu jika kita terapkan di komputer atau laptop penyimpanan 2TB akan sangat cukup kalau hanya untuk kebutuhan sehari-hari, nyimpen foto, dan lain-lain.

Menghitung Tera ke MB

1 tera sama dengan 1048576MB. gak percaya? mari kita hitung sama sama, namun perlu kamu ketahui bahwa 1GB itu sama dengan 1024MB ya, karena dari GB ke MB turun. artinya GB lebih besar, berikut cara menghitungnya
  • 1TB = 1024GB
  • Untuk menghitung ke MB berarti 1024x1024 maka hasilnya 1048576MB
Tuh kan hasilnya bener. jadi jangan bingung lagi ya, kalau misanya kamu beli komputer atau laptop lalu ada istilah penyimpanan TB atau Terabyte

Jika 1TB di gunakan untuk penyimpanan foto yang misalnya ukurannya 1MB maka kamu bisa menyimpan lebih dari 1 juta file foto. banyak banget kan.

Kalau misal kamu akan menghitung MB ke GB maka kebalikanya yaitu harus dibagi. baca artikel 200 MB berapa GB sih?  

Kesimpulan Terabyte

Dalam artikel yang panjang lebar namun penjelasannya agak njelimet ini maka kita bisa menyimpulkan dengan melihat tabel berikut :
TeraByte (TB) GigaByte (GB) MegaByte (MB) KiloByte (KB) Byte (B)
1 1024 1048576 1073741824 1099511627776

1 1024 1048576 1073741824


1 1024 1048576



1 1024

Oh iya, sebenarnya untuk mb dan kb sudah saya singgung melalui postingan menghitung MBps ke KBps silahkan di simak jika tidak malas

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai 1 tera berapa giga yang mungkin belum kamu ketahui. jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-temanmu